Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Di bank Sampah Kelurahan Tambahrejo Blora 

Ahad, 22 Januari 2023

Blora (Jateng), LPC

Kelurahan Tambahrejo Kecamatan Blora Kabupaten Blora mengadakan pelatihan pembuatan Pupuk kompos di ruang gedung TPS3R pada hari Minggu, (22/01/2023).

Pelatihan diikuti oleh Ketua Rt, Rw, pengurus bank sampah, dan ibu - ibu PKK Kelurahan Tambahrejo yang langsung di narasumberi oleh petugas dari DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Kabupaten Blora. 

Adapun bahan untuk pembuatan Pupuk kompos yaitu, Daun mimba, bonggol pisang, urin kelinci, tetes tebu, air  kelapa, air leri(beras), daun pisang di rajang kemudian di masukkan ke mesin Penggilingan setelah di campur jadi satu dan difermentasikan dan untuk mengaplikasikan pupuk tersebut menunggu satu minggu baik pupuk yang cair maupun pupuk padat. 

Kepala Kelurahan Tambahrejo Marthin Ukie Andhana mengucapkan terimakasih kepada DLH karena sudah memfasilitasi pelatihan pembuatan Pupuk kompos di Kelurahan Tambahrejo dan berharap dgn kegiatan ini jangan hanya pelatihan saja tetapi di praktekkan,di uji cobakan di lahan samping TPS3R."tuturnya"

??????Ketua pengurus bank sampah Slamet merasa senang dengan adanya sosialisasi pelatihan pembuatan Pupuk kompos yang di fasilitasi oleh DLH Blora sangat bermanfaat bagi warga Tambahrejo selain sosialisasi tentang pembuatan juga di selingi dengan ceramah agama dan harapan kami untuk bank sampah di Kelurahan Tambahrejo berjalan dan bisa menjadi contoh Kelurahan lainnya. ucapnya 

Ketua PKK Kelurahan Tambahrejo menambahkan dengan adanya pelatihan pembuatan Pupuk kompos ini sangat bermanfaat sekali terutama untuk warga Tambahrejo karena sebagian para petani, dan di harapkan dgn adanya ini sampah akan di olah menjadi pupuk juga bagi ibu - ibu nanti akan kita ajak membuat kerajinan dari plastik bekas,juga bungkus kopi untuk membuat tas, vas bunga dll. Nanti kita akan menyampaikan lewat ibu ketua Rt. Pungkasnya" 

***Lilis Kabiro Blora